Withbuna Parenting Mengapa Tummy Time Sangat Penting untuk Bayi Anda yang Baru Lahir 2024?

Mengapa Tummy Time Sangat Penting untuk Bayi Anda yang Baru Lahir 2024?

Tummy Time

Penting nya Tummy Time Atau Masa Tengkurap Untuk Baby Newborn

Tummy Time

Tummy Time

Sebagai orang tua dari bayi yang baru lahir, Anda mungkin pernah mendengar istilah “tummy time” tau disebut waktu tengkurap dan mungkin mengira itu hanyalah aktivitas bermain sederhana dengan bayi Anda. Ya, tapi ini juga merupakan kesempatan untuk membantu bayi Anda membangun kekuatan dan mengembangkan keterampilan motorik. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat tummy time, cara memberikan bayi tummy time, dan cara membuat tummy time menyenangkan bagi si kecil.

Apa Itu Tummy Time?

Tummy time atau Waktu tengkurap untuk bayi Anda melibatkan menempatkan bayi Anda yang terjaga di atas perutnya untuk waktu yang singkat sambil Anda mengawasinya dengan cermat. Aktivitas ini penting untuk perkembangan bayi Anda karena dapat membantu memperkuat otot leher dan bahu serta meningkatkan keterampilan motorik.

Ingatlah bahwa bayi Anda harus selalu diawasi selama sesi tengkurapnya.

Apa Manfaat Tummy Time?

Menawarkan waktu tengkurap pada bayi Anda setiap hari menawarkan berbagai manfaat:

  • Mempromosikan perkembangan fisik. Tummy time membantu memperkuat leher, lengan, punggung, dan kaki bayi Anda, serta membantunya mendapatkan kelenturan dan kontrol otot. Keterampilan motorik dan kekuatan yang ia kembangkan akan diperlukan untuk berguling dan duduk, kemudian merangkak dan berjalan.
  • Memberikan perspektif baru tentang dunia. Ini memberi bayi Anda kesempatan untuk mengamati dan menjelajahi lingkungannya dengan cara yang berbeda dibandingkan saat ia telentang. Dalam posisi tengkurap, dia harus mengangkat kepalanya untuk melihat sekeliling. Hal ini tidak hanya membantu memperkuat otot punggung dan lehernya tetapi juga memberinya perspektif baru tentang dunia.
  • Membantu meringankan tortikolis dan menghindari sindrom kepala datar. Tummy time dapat bermanfaat bagi bayi yang menderita tortikolis, suatu kondisi yang mengakibatkan otot leher tegang. Tummy time, bersama dengan olahraga yang diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan, dapat membantu otot leher bayi yang tegang menjadi rileks. Menghabiskan waktu tengkurap saat terjaga juga dapat membantu menghindari timbulnya bintik-bintik datar di bagian belakang kepala bayi Anda, yang dikenal sebagai sindrom kepala datar.
  • Memperkenalkan tekstur baru. Ini memaparkan bayi Anda pada tekstur yang berbeda saat kulit di berbagai bagian tubuhnya bersentuhan dengan permukaan tempat dia berada.

Kapan Memulai Tummy Time?

Anda dapat memulai sesi tummy time saat Anda dan bayi Anda masih di rumah sakit, atau segera setelah bayi Anda pulang dari rumah sakit.

Ada baiknya Anda memulainya sejak dini agar bayi Anda terbiasa dengan aktivitas tersebut. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu mengkhawatirkan tunggul tali pusat saat Anda mulai melakukan tummy time—tunggul tersebut akan baik-baik saja.

Untuk memulai tahap awal ini, letakkan bayi Anda di dada atau perut Anda saat Anda dalam posisi bersandar di kursi, di tempat tidur, atau di lantai. Luangkan waktu ini untuk berinteraksi dengan bayi Anda, lakukan banyak kontak mata, bicaralah dengan penuh semangat, dan buatlah ekspresi wajah yang berlebihan. Ini adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan bayi baru Anda!

Bagaimana Melakukan Tummy Time?

Masa tengkurap atau tummytime  bisa sedikit berbeda untuk bayi baru lahir dan bayi yang lebih besar. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang teknik tummy time tertentu.

Tummy Time Untuk Newborns

Saat si kecil baru mulai menguasai kontrol kepala dan leher, ikuti panduan melakukan tummy time untuk bayi baru lahir usia 0 hingga 3 bulan berikut ini:

  1. Letakkan bayi Anda yang baru lahir dengan posisi tengkurap di dada atau di pangkuan Anda saat ia terjaga.
  2. Untuk membantunya merasa lebih nyaman, berinteraksilah dengannya dengan menatap matanya, memberinya senyuman lebar, dan berbicara dengannya dengan suara nyanyian yang gembira.
  3. Pada tahap ini, persingkat waktu tengkurap—sekitar tiga hingga lima menit setiap kalinya. Anda dapat menambah durasinya secara perlahan saat Anda melihatnya menikmati aktivitas tersebut. Berikan si kecil waktu tengkurap sekitar dua hingga tiga kali sehari. Setelah mengganti popok atau tidur siang bisa menjadi saat yang tepat untuk melakukannya.

Meskipun bayi Anda mungkin memiliki kendali lebih besar atas kepalanya dan otot lehernya yang lebih kuat pada akhir bulan pertama, Anda tetap perlu menopang kepalanya saat Anda menggendongnya. Dia tidak akan bisa mengangkat kepalanya sendiri sampai dia berusia sekitar 4 bulan.

Tummy Time Untuk Older Babies

Berikut cara memberikan masa tengkurap pada bayi Anda yang lebih besar saat ia berusia sekitar 4 hingga 7 bulan:

  1. Letakkan bayi Anda tengkurap di atas area lantai yang ditutupi selimut, handuk, atau alas bermain.
  2. Bermain dan berinteraksi dengannya dengan duduk di lantai bersamanya, dan bahkan menggantungkan mainan di depannya.
  3. Tawarkan sesi tummy time sekitar tiga hingga lima menit setiap kali, dan durasinya akan meningkat setelah Anda melihatnya menikmati aktivitas tersebut. Anda dapat melakukan tummy time sekitar dua atau tiga kali sehari—mungkin setelah mengganti popok atau menyusui.

Pada masa ini, kemungkinan besar bayi Anda sudah bisa mengangkat kepalanya sepenuhnya saat ia tengkurap, dan ia mungkin juga mulai mendorong lengannya, melengkungkan punggungnya, dan mengangkat dadanya. Kekuatan tubuh bagian atas yang baru dicapai ini akan membantunya untuk bisa duduk.

Anda mungkin juga memperhatikan dia mengayun-ayunkan perutnya, atau bahkan menendang-nendang kakinya atau “berenang” dengan lengannya saat dia tengkurap. Hal ini sering terjadi pada usia sekitar 5 bulan, dan menunjukkan bahwa ia memperoleh kekuatan dan keterampilan yang diperlukan untuk dapat berguling dan bahkan mungkin merangkak.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukan Tummy Time?

Ada baiknya Anda melakukan tummy time dua hingga tiga kali sehari. Saat bayi Anda mulai terbiasa dengan aktivitas ini, Anda dapat melakukannya lebih sering atau dalam sesi yang lebih lama.

Dimana Tempat Terbaik untuk Melakukan Tummy Time?

Pada tahap bayi baru lahir (dari 0 hingga 3 bulan), Anda dapat mulai melakukan tummy time dengan bayi diletakkan di perut atau pangkuan Anda sendiri.

Nantinya, tempat terbaik untuk melakukan tummy time adalah di permukaan yang rendah dan aman, misalnya lantai yang bersih, atau lantai yang dibentangkan matras atau selimut. Pastikan saja selimutnya tidak bergeser saat bayi Anda bergerak.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda bisa melakukan tummy time di permukaan lain. Hindari melakukan tummy time di sofa atau tempat tidur, atau permukaan lain yang terangkat atau lembut. Lokasi-lokasi ini dapat membuat bayi Anda berisiko mati lemas atau terjatuh dan terjatuh secara tidak terduga. Hindari juga melakukan tummy time di atas bantal dan permukaan lunak lainnya.

Cara Mengubah Tummy Time Menjadi Waktu Bermain

Tummy time adalah kesempatan bagus untuk bermain dengan bayi Anda. Berikut empat gagasannya:

  1. Letakkan mainan favorit di luar jangkauan bayi Anda dan dorong dia untuk meraih mainan tersebut. Atau, selain menggunakan mainan, Anda juga bisa duduk rendah dan jauh dari jangkauan bayi Anda, sehingga ia dapat mengangkat kepalanya dan mencoba meraih wajah Anda.
  2. Tempatkan mainan di tempat berbeda di sekitar bayi Anda. Hal ini akan mendorongnya untuk mencapai titik-titik yang berbeda, dan sebagai hasilnya membantu mengembangkan otot-otot yang ia perlukan untuk berguling, berlari, dan akhirnya merangkak.
  3. Daripada meletakkan bayi Anda di permukaan untuk tengkurap, Anda bisa meletakkan bayi Anda di pangkuan atau dada Anda. Hal ini terutama dianjurkan untuk bayi baru lahir hingga usia 3 bulan. Saat di pangkuan, angkat dan turunkan kaki secara bersamaan; kemudian, untuk variasi, gerakkan bayi Anda dari sisi ke sisi. Di dada Anda, bayi Anda akan mencoba mengangkat kepala dan lengannya untuk melihat Anda. Selama sesi tummytime ini, teruslah berbicara dengan bayi Anda untuk menghibur dan menyemangatinya.
  4. Jika Anda memiliki balita atau anak kecil di rumah, ajaklah dia bermain dengan bayi Anda saat tengkurap. Ini bisa menjadi momen bonding yang baik bagi saudara kandung.

Bagaimana Jika Bayi Anda Tidak Menyukai Aktivitas Tummy Time?

Bayi Anda mungkin tidak suka posisi tengkurap pada awalnya—bagaimanapun juga, ini adalah posisi yang ia coba untuk pertama kalinya.

Berikut beberapa strategi yang bisa Anda coba:

  • Sediakan mainan warna-warni dalam jangkauannya sehingga ia memiliki sesuatu yang menarik perhatiannya.
  • Turunlah ke lantai sesuai garis pandangnya, dan hibur dia dengan mainan atau bernyanyi untuknya.
  • Jika dia masih belum bisa bersenang-senang, mintalah orang lain mencoba menghiburnya.
  • Cobalah posisi berbaring menyamping. Dalam gaya tummytime ini, Anda menempatkan bayi Anda dalam posisi miring. Jika perlu, gulung handuk untuk menopang punggungnya, dan lipat kain lap bersih di bawah kepalanya. Lengan bayi Anda harus berada di depan, dengan kaki ke depan di pinggul, dan lutut ditekuk. Bayi Anda mungkin lebih menyukai waktu tengkurap dengan cara ini.

Pada akhirnya, bayi Anda akan terbiasa dengan aktivitas baru ini, dan mungkin akan menyukainya. Jika Anda khawatir bayi Anda tidak menikmati masa tengkurap, mintalah saran dari penyedia layanan kesehatan bayi Anda.

Tummy time bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi Anda dan bayi karena ini merupakan kesempatan bagus untuk menjalin ikatan. Ini juga merupakan kesempatan bagi bayi Anda untuk mengembangkan kontrol otot yang diperlukan untuk semua kemajuan yang akan datang, seperti duduk, merangkak, dan akhirnya berjalan. Mempraktikkan tummy time setiap hari akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bayi Anda.

Ngomong-ngomong soal reward, apakah Anda sudah sempat mendownload aplikasi Pampers Club? Jika belum, jangan tunda lagi, karena produk Pampers yang Anda beli bisa diubah menjadi hadiah, kupon, cash back, dan lainnya.

BACA JUGA : Daftar Lirik Lagu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post