Withbuna Parenting,Tips Buna Apa Penyebab Pusar Bayi?

Apa Penyebab Pusar Bayi?

Pusar bayi

Pusar bayi adalah bagian tubuh yang menarik—dan seperti bayi itu sendiri, pusar bisa menjadi unik dan berbeda. Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda memiliki pusar “innie” atau “outie”. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu pusar outie, apa penyebab atau penyebab pusar jenis ini, cara merawat pusar outie, dan kapan harus menghubungi penyedia layanan kesehatan.

Pusar bayi

Pusar bayi

Apa itu Pusar Keluar Atau Outie Belly Button?

Mari kita mulai dengan bagaimana pusar terbentuk. Pusar—juga disebut pusar atau umbilikus—terbentuk di tempat tali pusar pernah menempel. Tali pusat dipotong dan dilepas setelah lahir, hanya menyisakan tunggul kecil, yang biasanya mengering dan lepas setelah sekitar tiga minggu. Saat area tali pusat di perut bayi Anda sembuh, pusar pun terbentuk.

Outie adalah istilah informal dan non-ilmiah yang mengacu pada pusar yang menonjol ke luar, bukan cekung atau menghadap ke dalam, yang disebut innie. Jadi jika pusar bayi Anda yang baru lahir menonjol, Anda bisa menyebut pusar kecil Anda yang menggemaskan itu sebagai outie.

Apa yang Menentukan Pusar Innie atau Outie

Perbedaan utama antara pusar innie dan outie terletak pada cara penyembuhan tali pusat dan tampilan pusar setelah tunggul tali pusat terlepas. Pusar innie berbentuk cekung, dengan kulit di sekitarnya terlipat ke dalam, sedangkan pusar bagian luar menonjol ke luar.

Ingat, meskipun pusar bagian luar mungkin lebih jarang ditemukan dibandingkan bagian dalam, pusar tetap sama lucunya dan tidak perlu dikhawatirkan. Di bagian kami di bawah ini, Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang kondisi lain yang mungkin disalahartikan sebagai pusar yang menonjol.

Apa Penyebab Pusar Outie?

Seperti disebutkan di atas, pusar terbentuk di tempat tali pusar dulu berada, setelah tunggulnya terlepas dan area tersebut sembuh. Namun mengapa sebagian orang mengalami outies dan sebagian lainnya tidak? Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan pusar menonjol, namun hal ini mungkin ada hubungannya dengan proses penyembuhan dan pelepasan tali pusar dari tubuh bayi Anda.

Meskipun kami telah menyebutkan bahwa pusar yang menonjol biasanya merupakan kejadian alami, dalam beberapa kasus, hal ini mungkin disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Outie dapat terjadi karena hernia umbilikalis atau granuloma umbilikalis, suatu kondisi yang umumnya tidak berbahaya tetapi harus segera ditangani oleh penyedia layanan kesehatan si kecil.

Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis pada bayi adalah suatu kondisi dimana bagian usus atau jaringan lemak menonjol melalui titik lemah di dekat pusar (berpotensi menyebabkan pusar menonjol). Hernia ini mungkin terlihat seperti bengkak atau menonjol dan paling jelas terlihat saat si kecil menangis atau batuk. Kebanyakan hernia umbilikalis menutup dengan sendirinya dalam waktu sekitar 12 hingga 18 bulan. Jika Anda mencurigai bayi Anda menderita hernia umbilikalis atau tampak kesakitan, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Granuloma umbilikus

Granuloma umbilikalis adalah benjolan kecil, lembab, berwarna merah yang terbentuk di pusar bayi setelah tali pusat terlepas. Ini adalah pertumbuhan jaringan parut berlebih yang tidak berbahaya dan biasanya hilang dengan sendirinya setelah sekitar satu minggu, atau dengan perawatan sederhana. Jika hal ini terus berlanjut atau menyebabkan masalah apa pun, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan bayi Anda.

Bisakah Pusar Outie Menjadi Innie?

Seringkali para orang tua mempunyai pertanyaan seputar pusar yang keluar, antara lain bagaimana cara membuat pusar keluar secara alami, bagaimana cara mencegah pusar keluar pada bayi baru lahir, dan kapan pusar bayi masuk? Hal penting yang perlu diingat adalah bahwa setiap pusar itu unik dan tidak hanya ada satu jenis. Dan, dalam banyak kasus, pusar yang menonjol tidak akan berubah menjadi kecil seiring pertumbuhan anak, dan tidak ada kebutuhan medis untuk melakukan hal tersebut.

Namun, jika kelainan ini disebabkan oleh hernia umbilikalis, penyakit ini mungkin akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa tahun pertama kehidupan anak Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, hubungi penyedia layanan bayi Anda. Jangan mencoba melakukan apa pun sendiri untuk menutup hernia umbilikalis atau mengubah tampilan salah satu pusar si kecil, karena hal ini tidak akan membantu dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi Anda.

Cara Merawat Pusar Bayi Anda

Baik si kecil memiliki pusar kecil innie atau outie, Anda pasti ingin tahu cara merawatnya dan menjaganya tetap bersih.

  • Mandikan spons terlebih dahulu. Gunakan air (dan hindari penggunaan alkohol) untuk membersihkan area tersebut dengan lembut saat Anda memandikan bayi Anda dengan spons.
  • Setelah tunggulnya terlepas, jaga terus area pusar tetap bersih dan kering hingga sembuh—yang mungkin memerlukan waktu beberapa hari. Mengeksposnya ke udara membantu proses penyembuhan.
  • Setelah tunggulnya hilang dan area tali pusatnya sembuh, Anda dapat memandikan bayi Anda secara teratur di bak mandi. Setelah Anda membersihkan pusar dengan lembut, keringkan dengan handuk lembut untuk menghindari infeksi.
  • Waspadai pendarahan. Pusar anak Anda mungkin sedikit berdarah saat tunggulnya terlepas. Beberapa tetes darah adalah normal. Jika pendarahan terus berlanjut, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Kapan Harus Menghubungi Penyedia Layanan Kesehatan Anda

Seperti yang kami sebutkan di atas, pusar yang menonjol seringkali tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda mengamati salah satu hal berikut, hubungi penyedia layanan kesehatan bayi Anda:

  • Pendarahan terus menerus setelah tunggul pusar terlepas. Tanda-tanda infeksi di area tersebut, seperti keluarnya cairan berwarna kuning, berbau tidak sedap, atau kemerahan dan bengkak di sekitar pusar.
  • Tanda-tanda hernia umbilikalis.
  • Tanda-tanda granuloma umbilikalis.

Garis bawah

Pusar yang menonjol pada bayi merupakan variasi tampilan yang normal dan biasanya tidak memerlukan perawatan khusus. Dengan menjaga area tersebut tetap bersih dan kering serta memperhatikan tanda-tanda infeksi atau ketidaknyamanan, Anda dapat memastikan pusar bayi Anda tetap sehat dan menggemaskan.

Jika Anda memiliki waktu luang hari ini, unduh aplikasi Pampers Club untuk mendapatkan hadiah atas semua popok yang digunakan bayi Anda.

 

BACA JUGA : Informasi Sekitar Jawa Barat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post